Minyak Atsiri sebagai Campuran Umpan Pancing Ikan

Kali ini saya membuat judul postingan yang boleh di bilang agak aneh.Meski nantinya blog ini terkesan ‘campursari’,tapi menurut saya tidak ada salahnya untuk membuat semacam artikel resep/tips berdasarkan cerita pengalaman pribadi.
Pada awalnya, ada seorang bapak yang rutin membeli minyak nilam ke pabrik penyulingan minyak nilam yang saya kelola di kota garut.Secara rutin Dia membeli minyak nilam dengan volume 1 Kg tiap 2 minggu sekali.Bahkan kesininya dia mulai pesan minyak atsiri jenis lain seperti minyak Sereh wangi (Citronella oil),minyak Sirih (Piper Bettle oil)dan minyak Akar wangi (vertiver oil).
Singkat cerita, karena seringnya dia membeli minyak, saya jadi tahu kalau ternyata bapak tersebut ternyata seorang penjual alat pancing dan umpan ikan.Dia cerita bahwa minyak atsiri yang dia beli itu kemudian di jual dengan kemasan botol ukuran 5 – 10 cc. Menurutnya, pembeli minyak dalam kemasan botol tadi banyak dipesan oleh pemancing ikan dari daerah sekitar garut ,bahkan ada juga yang pesan dari daerah bandung serta sukabumi.Mereka menambahkan minyak tersebut pada umpan racikan mereka dengan dosis tertentu.
Sebagai orang yang awam di dunia pemancingan ikan, aku sendiri tidak tahu apa betul mencampurkan minyak atsiri tertentu dengan adonan umpan ikan bisa membuat umpan ikan tersebut menjadi jitu?..Penasaran dengan hal ini, pada suatu kesempatan ketika saya berkunjung ke rumah saudara di sukabumi, saya membawa minyak nilam untuk di berikan kepada saudaraku yang hobi mancing ikan di kolam pemancingan. Beberapa waktu kemudian ternyata saudaraku itu minta minyak lagi karena katanya setelah memakai minyak nilam tersebut dia menjadi sering dapat ikan meski tergantung jenis airnya (wah..aku gak ngerti deh dengan pengaruh air kolam ini juga).Yang saya tahu bahwa minyak nilam bersifat fiksatif yaitu mengikat wangi-wangian sehingga wangi-wangian seperti wangi perfume akan lebih lama menempel.Itulah mengapa minyak nilam digunakan sebagai bahan campuran parfume.
Akhir kata, mengenai resep umpan ikan ini saya serahkan kepada para pemancing mania......

Comments

  1. baru tau nih, teknik pake atsiri. gan apa itu untuk semua ikan?

    ReplyDelete
  2. @mbah dukun:katanya bagus untuk umpan kolam harian,seperti ikan mas,nila,grass cup dll

    ReplyDelete
  3. sya bru tau dan kayaknya ini bagus hasilnya. saya akan coba bro. mahesa alias makin hebat saja buat blog ini. saya tunggu kunjungan baliknya. salam persahabatan blogger dan terima kasih

    ReplyDelete
  4. postingan yang bagus tentang Minyak Atsiri sebagai Campuran Umpan Pancing Ikan

    ReplyDelete
  5. Salam kenal Pak.
    Saya juga menjual minyak Nilam dan Minyak Sereh Wangi... Semoga Dunia Minyak Atsiri Semakin Maju... Silakan berkunjung ke blog saya......

    ReplyDelete
  6. Kebetulan nih..saya suka mancing ikan mas....minyak Atsiri itu seperti apa ya ...kalau dijual di umum namanya minyak atsiri juga ?
    Mohon infonya ya......
    Tanya juga... untuk referensi ACI standard untuk perhitungan beton nih..
    Thanks

    ReplyDelete
  7. Kena ga kalau pakai mancing ikan nilem? Dosisnya gmana?

    ReplyDelete
  8. bagus bos artikelnya dan salam sukses

    ReplyDelete
  9. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  10. terimakasih sob buat infonya dan sangat menarik

    ReplyDelete
  11. Bisa beli minyak Nilam & minyak sereh wanginya ga gan ??

    ReplyDelete
  12. makasih gan buat infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  13. keren mas buat infonya dan salam sukses selalu

    ReplyDelete
  14. ok mantap sob buat infonya dan salam kenal

    ReplyDelete
  15. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  16. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa…

    ReplyDelete
  17. Wah ini sih info yang mantapp !!

    ReplyDelete
  18. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses selalu.

    ReplyDelete
  19. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    ReplyDelete
  20. Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.

    ReplyDelete
  21. Kabar Baik Untuk Para pencinta Game
    Karena di Bulan januari ini Sudah keluar Game RPG Online Terpopuler Se-Asia
    Penasarankan Game nya Seperti apa???
    Kalian bisa dilihat game nya dari link di bawah yaaa

    ReplyDelete
  22. artikelnya sangat bagus, terima kasih telah membagi informasi tersebut

    ReplyDelete
  23. Yah begitulah, backlink dari google ini memang perlu untuk kita kejar dan kita dapatkan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BEKISTING HORISONTAL: Tabel Bekisting Slab

PERHITUNGAN BEKISTING KOLOM

Hubungan Hasil Tes Uji Tekan Beton dengan Bongkaran Bekisting