Posts

Showing posts from June, 2011

Analisa Harga Satuan untuk Gedung (Versi terbaru)

Image
Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebuah proyek tidak terlepas dari Analisa Harga Satuan. Analisa Harga Satuan tersebut di buat berdasarkan hasil rekaman data sekunder yang diperoleh dari narasumber seperti BUMN, kontraktor dan data sebelumnya yaitu BOW serta Data Primer yang dilakukan Badan Standardisasi Nasional dengan cara penelitian langsung di lapangan sebagai cross check terhadap data sekunder, yang menghasilkan koefisien untuk Pekerja dan  Material persatuan Luasan ataupun volume untuk masing masing jenis pekerjaan. Secara berkala, BSN menyusun SNI Analisa Harga Satuan Pekerjaan sebagai acuan untuk membuat RAB sebagai kontrol biaya khususnya bagi Konsultan  sebagai perencana dan kontraktor sebagai pelaksana proyek. Berikut ini adalah Analisa Harga Satuan versi terbaru: 1.Analisa Pekerjaan Tanah SNI-2835-2008 2.Analisa Pekerjaan Pondasi SNI-2836-2008 3.Analisa Pekerjaan Besi SNI-7393-2008 4.Analisa Pekerjaan Beton SNI-7394-2008 5.Analisa Pekerjaan Dind

ALEXA RANK

Image
  Alexa....Alexa...,..hmm bingung juga mau nulis apa ya..? aku hanya mengerti bahwa alexa rank merupakan peringkat dari sebuah situs atau website.Yang jelas pagi ini ketika membuka blog aku via google, ternyata blog aku yang baru berusia 35 hari  dengan jumlah 13 postingan  telah mendapat ranking dari Alexa  dengan peringkat 18.891.763 (wow…besar amat ya…hehe). Sebenarnya aku tidak terlalu mementingkan masalah peringkat alexa, apalagi blog fujiboga bukan sebuah blog pemasaran produk.Meskipun demikian, suatu hal yang wajar jika terselip rasa bangga karena bukan saja perjuangan sebuah website untuk duduk di peringkat atas Alexa sangat susah, untuk bisa "diakui" oleh Alexa saja katanya susah, sehingga wajarlah jika banyak blog yang membahas tip dan trik tentang hal ini. Untuk itu pagi ini aku ingin aku ucapkan banyak terimakasih pada semua bloger yang telah memberikan tips dan trik blog, kepada pengunjung blog fujiboga (meski masih sepi dari komen…) terutama kepada follower fu

Tata cara Uji Sample Beton

Image
Postingan kali ini tidak ada ringkasan atau penjelasan terhadap judul di atas, karena saya sendiri tidak begitu faham dengan prosedur dan tata cara mengenai pembetonan . Namun meskipun demikian, sebagai bahan acuan di proyek ataupun penambah wawasan kita mengenai beton, berikut ini adalah SNI terbaru tahun 2008 tentang beton : 1. Cara Uji Berat Isi, Volume dan Kadar Udara Beton, SNI-1973-2008   2. Tata Cara Pengambilan Contoh Uji Beton Segar, SNI-2458-2008   3. Cara Uji Slump Beton, SNI-1972-2008 File tersebut diambil dari Semoga bermanfaat.

Hubungan Hasil Tes Uji Tekan Beton dengan Bongkaran Bekisting

Image
Untuk mengetahui Mutu beton yang akan digunakan dalam sebuah proyek diantaranya adalah dengan melakukan : Uji Slump, untuk mengetahui kadar air atau keenceran adukan beton Uji Kuat Tekan, diuji dengan standar ASTM C39-86 dengan pemberian beban tekan incremental/bertahap pada silinder beton (diameter 150 mm, tinggi 300 mm) sampai hancur. umumnya dibuat 9 sample dimana 3 digunakan untuk test pada saat umur beton 7hari (misal kekuatan beton 70 % dari fc'), 3 pada saat umur beton 14 hari (misal kekuatan beton 85-90 % dari fc') dan sisanya untuk 28 hari (kekuatan beton 100 % dari fc') Seperti diketahui, umumnya pekerjaan bekisting pada proyek sipil dengan volume beton yang besar biasanya dikerjakan oleh sub kontraktor atau bisa dengan sistem rental. Data hasil Uji tekan yang dikeluarkan oleh laboratorium seperti pada point 2 di atas tentunya sangat penting terutama bagi para engineer proyek, diantaranya untuk kegiatan bongkaran Bekisting  . B

PERHITUNGAN BEKISTING KOLOM

Image
Melengkapi Postingan sebelumnya,yaitu pembebanan pada bekisting vertikal ,pada postingan kali ini saya mencoba membuat contoh perhitungan bekisting kolom.Karena saya hanya mempunyai brosur bekisting PERI, maka bekisting kolom yang di hitung adalah bekisting PERI. Meskipun demikian, jika diterapkan pada bekisting kolom konvensional, urutan perhitungan tidak berbeda, yang berbeda hanyalah material propertiesnya saja.Dengan kata lain material propertiesnya tinggal diganti  sesuai jenis bahan yang digunakan. Perlu diingatkan, bahwa perhitungan ini hanyalah sebagai penambah referensi saja, karena jika dihadapkan pada proyek yang sebenarnya, Bekisting PERI akan menyediakan perhitungan statik dan supervisinya. Selamat membaca dan download  contoh perhitungan statiknya.

Pembebanan pada Bekisting Vertikal

Image
Perhitungan beban untuk bekisting vertikal seperti Dinding dan kolom dipengaruhi oleh berbagai faktor utama yaitu: 1. Kecepatan cor 2. Kelas Beton Segar, apakah K1, K2 atau K3 3. Tinggi jatuh beton ke bekisting vertikal Kecepatan Cor Sederhananya, yang dimaksud kecepatan cor di sini adalah berapa lama waktu cor bekisting vertikal dengan volume tertentu tercapai. Disini tentunya akan berbeda antara kecepatan cor dengan menggunakan concrete pump dan dengan menggunakan bucket,serta kecepatan cor yang diterima oleh bekisting kolom dengan bekisting dinding. Kelas Beton Segar dan Tekanan Hidrostatis Kelas beton yang akan di cor kan,mempengaruhi tinggi tekanan hidrostatiknya.semakin cair betonnya, maka akan semakin tinggi tekanan hidrostatiknya.                            Tekanan Hidrostatik Air dan Beton segar Tinggi Jatuh Cor Tinggi jatuh Cor atau jarak nozzle dari bekisting memepengaruhi pembebanan terhadap bekisting.Semakin tinggi posisi nozzle a

BISNIS BANDO

Image
Kita semua tentu sering melihat sejenis billboard yang melintang di jalan raya, ya.. mirip dengan Bondu atau hiasan rambut wanita, cuma kalo yang saya maksud ini adalah Bando. Struktur bando ini difungsikan untuk menempelkan space iklan di jalan raya. Agak berbeda dengan Billboard yang umumnya mempunyai 1 tiang saja karena di letakkan di pinggir jalan, maka untuk bando minimal mempunyai 2 tiang atau 2 group tiang,tergantung profil baja yang digunakan pada tiang Bando. Bando sangatlah effektif dalam mengiklankan sebuah produk, mengingat ukuran space iklan yang bisa mencapai lebar badan jalan raya sehingga dapat di lihat dengan jelas oleh pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun yang memakai kendaraan. Terlebih lagi jika Bando letaknya berada pada jalan yang tingkat lalulintasnya sangat tinggi seperti di jalan Utama. Jadi sangat disayangkan jika Bando dipasang di jalan yang sepi..hehe...pemilik produk tentunya tidak akan mau menyewa Bando tersebut. Lokasi Bando tentunya sangat  mempeng

Tentang JPO

Image
Menyedihkan…itulah kata pertama yang terlintas begitu aku keliling kota tercinta,  untuk melihat sejumlah JPO ( Jembatan Penyebrangan Orang ) di kota Bandung . Menyedihkan karena melihat keberadaan JPO yang umumnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Di tengah kesibukan kota, umumnya pejalan kaki merasa enggan untuk menyebrang jalan lewat JPO. Tentunya dengan berbagai macam alasan, seolah JPO hanya sekedar monumen yang melintasi jalan raya dan berfungsi hanya sebagai tempat menempelkan reklame saja, bahkan beberapa JPO menjadi tempat tidur siang pengemis atau apapun namanya. Hmm..singkatnya..., sebagai seorang Civil Engineer, saya akan membicarakan JPO dari aspek teknis dan disain saja. Hal hal lain yang menyangkut peningkatan kesadaran pejalan kaki biarlah menjadi tugas pribadi masing masing serta pihak terkait. Desain JPO* Disain jembatan penyeberangan biasanya menggunakan prinsip yang sama dengan jembatan untuk kendaraan. Tetapi karena biasanya lebih ringan dari jembatan kenda