PEDOMAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN 2013


Pedoman ini merupakan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum
No. 11/PRT/M/2013 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum yang menetapkan langkah-langkah menghitung harga satuan dasar (HSD) upah tenaga kerja, HSD alat dan HSD bahan, yang selanjutnya menghitung harga satuan pekerjaan (HSP) sebagai bagian dari harga perkiraan sendiri (HPS), dapat digunakan pula untuk menganalisis harga perkiraan perencana (HPP) untuk penanganan pekerjaan bidang pekerjaan umum.
Penanganan pekerjaan meliputi preservasi atau pemeliharaan dan pembangunan atau peningkatan kapasitas kinerja bidang pekerjaan umum, yaitu pada sektorSumber Daya Air, Bina Marga dan Cipta Karya.Pekerjaan dapat dilakukan secara mekanis dan/atau manual.
Pekerjaan yang dilaksanakan secara manual, tersedia tabel indeks bahan dan indeks upah,sementara untuk pekerjaan yang dilaksanakan secara mekanis, penetapan indeks atau koefisien dilakukan melalui proses analisis produktivitas.
Bagi yang memerlukan pedoman AHSP ini silahkan ambil di sini, jangan lupa meninggalkan jejak berupa koment atau like nya..terimakasih

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

BEKISTING HORISONTAL: Tabel Bekisting Slab

Hubungan Hasil Tes Uji Tekan Beton dengan Bongkaran Bekisting

PERHITUNGAN BEKISTING KOLOM